GELIAT KEMAJUAN UNIVERSITAS BONDOWOSO

Siapa sangka, PT ini akan beranjak maju. Sebagian orang boleh nyi-nyir atau memandang sebelah mata pada Universitas Bondowoso. “Tidak apa-apa”, itu kata yang tepat. Namun fakta secara administrasi, Sejak terakreditasi institusi Universitas Bondowoso dengan nomor 3575/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 (lihat situs: https://www.banpt.or.id/direktori/institusi) Universitas tertua di kabupaten Bondowoso mulai berbenah. Lambat laun prodi-prodi di lingkungan Universitas Bondowoso sudah terakreditasi. Sebagai perguruan tinggi, tentunya hanya mutu dan kualitas yang ditonjolkan, pun demikian dengan kampus dengan singkatan UNIBO ini. Segala sektor masih dalam pembenahan, mulai infrastruktur hingga pada manajerial.

Infrastruktur misalnya, mulai melengkapi, memperbaiki maupun pengadaan dalam menunjang tri dharma perguruan tinggi. Sebut saja fasilitas perkuliahan, fasilitas microteaching,  green house, fasilitas wifi yang dapat diakses ke seluruh wilayah kampus, hingga pada asrama mahasiswa (Pondok Pesantren) khusus pada mahasiswa yang menetap di dalam kampus.

Dari sisi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, geliat kegiatan dosen Universitas Bondowoso mulai tumbuh berkembang, mulai dari kegiatan beberapa dosen lintas fakultas dalam mengikuti seminar, workshop hingga pelatihan-pelatihan baik di dalam maupun di luar kampus.

Dalam penelitian dan karya tulis dosen universitas bondowoso terbilang cukup melampaui harapan. Terdapat beberapa dosen sudah menerbitkan buku-buku maupun tulisan-tulisan yang dimuat dalam jurnal ilmiah (kunjungi www.ejournal.unibo.ac.id) sehingga dari sisi karir dosen kedepan tidak dapat diragukan lagi.

Optimisme yang tinggi ini ditunjang dari berbagai faktor, adanya sarana guna meningkatkan karir dosen. Aplikasi SISTER misalnya, adalah salah satu aplikasi sistem terpadu yang dapat diakses oleh dosen-dosen Universitas Bondowoso dalam melengkapi data-data yang dibutuhkan guna dapat memproses jabatan akademik dan sebagai syarat sertifikasi dosen secara online.

Terbukti, pada tahun 2019 ini, terdapat 2 dosen dalam proses menuju profesional. Perlu kerja keras bagi seluruh komponen untuk mewujudkan UNIBO yang maju sebagaimana moto get the future with us, dengan geliat aktifitas yang sudah dilalui, bukalah hal yang mustahil untuk dapat dicapai. BRAVO UNIBO